Para Pemenang dan Profil 15 Besar Lomba Mobile Edukasi – Lomba Mobile Edukasi Kihajar 2016

Dari jumlah peserta yang mendaftar terlihat jelas bahwa persaingan untuk masuk menjadi finalis 15 besar dalam kegiatan ini cukup baik. Untuk tiap kategori memperoleh angka di atas 100 peserta, bahkan untuk kategori umum mencapai 158 peserta, jadi persaingan semakin sengit untuk dapat masuk ke 15 besar harus meyingkirkan sekurang kurangnya 10 peserta lain terlebh dahulu. Seperti dapat dilihat di bawah ini.

Jumlah Pendaftar Kategori Pelajar 127 peserta
Jumlah Pendaftar Kategori Guru 147 peserta
Jumlah Pendaftar Kategori Umum 158 peserta

Tiap kategori terpilih 15 peserta ke grand final, 25 peserta menjadi calon komunitas

Komunitas Mobile Edukasi adalah komunitas yang akan di bina oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengembangkan bahan ajar mobile edukasi yang memenuhi standar pengembangan di BPMPK. Anggota komunitas di himpun dari peserta Lomba Mobile Kihajar yang memenuhi kriteria yang telah di tentukan.

Yang paling sedikit pendaftar yaitu untuk kategori pelajar, hanya 127 peserta, namun menurut hemat penulis angka ini sudah sangat tinggi untuk kalangan siswa.

Seperti yang dilansir dari situs resmi kemdikbud diperoleh hasil seleksi oleh tim seleksi pada hari Senin-Kamis, tanggal 22 – 25 Agustus 2016 maka ditetapkan nama-nama di bawah ini sebagai Karya yang lolos :

  1. Ahmad Rifani  berhasil meraih nilai tertinggi dengan judul Panca indra manusia. Sepertinya materi ini berhubungan dengan pelajaran biologi mengingat judul yang begitu spesifik berhubungan dengan Panca Indra Manusia. Ahmad Rifani sepertinya juga pernah memperoleh Juara III pada ajang lomba lomba media pembelajaran multimedia tahun 2012 lalu, Ahmad Rifani dari SMK Negeri 4 Semarang pada saat itu berhasil meraih peringkat ketiga dengan karya berjudul “Mengenal Makhluk Hidup Indonesia. Sangat menarik bagi guru guru lain yang ingin berkenalan dan belajar cara membuat aplikasi mobile Android.
  2. Pada urutan kedua tertulis nama Saloom RD yang membuat aplikasi android tentang Pecahan Sederhana, sepertinya ini adalah salah satu topik pada pelajaran Matematika.
    SALOOMPada tahun 2015 Saloom RD juga telah berhasil memenangkan lomba yang sama dan berhasil meraih Juara 3  dengan No Peserta G07 , atas nama Saloom RD, dengan karya berjudul “Wajanbolic Wifi”, dan memperoleh total nilai sebanyak 56. Rekan guru dapat mengunduh karya tersebut pada link DOWNLOAD. Saloom RD sampai saat ini masih menjadi Guru Komputer di SMPN 10 Tebing Tinggi yang berlokasi di Kabupaten Kota Tebing Tinggi Propinsi Sumatera Utara. (mohon izin fotonya dipajang disini pak Saloom RD ya? :))
  3. Pada urutan ketiga Sdr Hendri Kurniawan membuat aplikasi pelajaran fisika tentang Cahaya.
  4. Selanjutnya Paulus Pintarko, S.Pd.Si membuat aplikasi tentang Media Pintar sudut yang sepertinya berhubungan dengan pelajaran matematika. Paulus Pintarko, S.Pd.Si. berasal SMP Negeri 1, BloraNgawen juga pernah meraih Juara II dalam ajang Lomba Pengembangan Multimedia Pembelajaran, FKIP, USD Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Selain itu Paulus Pintarko, S.Pd. juga pernah meraih Juara Harapan II dengan skor 695 dalam lomba Pemilihan Guru Berprestasi dalam Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Komputer/Multimedia Jenjang SMP/MTs Jawa Tengah 2011 yang digelar oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah.
  5. Yassir Rozaqi, S.Pd membuat aplikasi yang berhubungan dengan pelajaran matematika yang berjudul Memori Angka.
  6. Yogo Dwi Prasetyo pada urutan ke-enam sepertinya membuat aplikasi pembelajaran Sain dengan judul Experimenku Amazing.
  7. Selanjutnya Muhandis membuat aplikasi pembelajaran dengan judul Landasi Media Instalasi Penerangan Listrik, sepertinya behubungan dengan pelajaran fisika karena berhubungan dengan listrik.
  8. Pada peringkat ke-8 Talkis Hasanudin, S.Pd membuat aplikasi tentang Simulasi menulis huruf alphabeth, sepertinya ini berhubungan dengan pelajaran bahasa.
  9. Sepertinya Miftah Dewi Ciptaningrum adalah peserta wanita pada urutan teratas untuk kriteria ini, meskipun jika digabung dengan peserta laki-laki berada pada urutan ke-9, aplikasi yang dibuat juga sangat erat hubungannya dengan wanita, mungkin saja aplikasi yang dibuat ini berhubungan dengan pelajaran di SMK yang khusus berhubungan dengan desainer dengan judul Pola dasar Busana wanita sistem bunka. Miftah Dewi Ciptaningrum merupakan lulusan PEND. TEKNIK BUSANA – S1 Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2011.
  10. Budi Surya Wijaya membuat aplikasi dengan judul Ragam Hias Indonesia
  11. Widyanti Anggita Lestari, S.Pd membuat aplikasi dengan judul Aritmatika Digital
  12. Ali Sabana, ST, M.Pd membuat aplikasi dengan judul Fluida Statis
  13. Eko Budiana, S.Pd membuat aplikasi dengan judul Triple Phytagoras
  14. Eko Sudinuryanto, S.Pd membuat aplikasi dengan judul Thing’s Around Us
  15. Dian Perdana Sulistya Rosid, S.Pd membuat aplikasi dengan judul Bernyanyi Sambil Belajar Planet

 

Demikian beberapa profil peserta yang masuk ke dalam grand final lomba mobile edukasi tahun 2016 yaitu sebanyak 15 peserta.

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Pelajar

Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchandise dan Hadiah, Total Rp. 6.000.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchandise dan Hadiah, Total Rp. 5.000.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchandise dan Hadiah, Total Rp. 4.000.000,-

 

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Guru

Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchandise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchandise dan Hadiah, Total Rp. 6.000.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchandise dan Hadiah, Total Rp. 5.000.000,-

 

Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum

Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchandise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchandise dan Hadiah, Total Rp. 6.000.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchandise dan Hadiah, Total Rp. 5.000.000,-

SELAMAT KEPADA SEMUA PESERTA GURU YANG SUDAH BERHASIL MASUK KE BABAK GRAND FINAL.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *