Review Kumpulan Aplikasi Android Belajar Bahasa Jawa Gratis

Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa yang digunakan oleh orang indonesia yang tinggal di pulau jawa. Bahasa Jawa (bahasa Jawa: ꦧꦱꦗꦮ)  digunakan oleh penduduk bersuku Jawa di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Selain itu, bahasa Jawa juga digunakan oleh penduduk yang tinggal di beberapa daerah lain seperti Banten (terutama Serang, Cilegon, dan Tangerang) serta Jawa Barat (terutama kawasan pantai utara yang meliputi Karawang, Subang, Indramayu, dan Cirebon). Selain bahasa jawa masih banyak bahasa lain yang digunakan di Indonesia, salah satu bahasa lainnya adalah bahasa Sunda, Melayu, Madura, Aceh dan lainnya. Berdasarkan data sensus penduduk tahun tahun 2010 terhadap penduduk berusia 5 tahun ke atas terlihat bahwa bahasa Jawa memiliki persentase penutur terbanyak dalam penggunaan bahasa di Indonesia yaitu sebesar 31,87 %. Bahasa Indonesia hanya memiliki penutur sebesar 19,95 %, Sunda 14,49 %, Melayu 6,89 %, dan Madura 3,64 %, dan bahasa lainnya 23,22 %.

Kali ini kita akan membahas tentang aplikasi perangkat mobile berbasis  Android untuk belajar bahasa Jawa.

#1. KAMUS LAN TAHUN JAWA

Game berisi kamus bahasa jawa Indonesia dan cara membaca tahun jawa. Dalam game terdapat simulasi dan soal tes. Pada akhir tes akan diketahui nilai yang diperoleh.

Platform : Flash
Format   : Game
Ukuran   : 1,157 KB

Download

 

#2. AKSARA JAWA

Aplikasi dengan nama aksara jawa ini digunakan untuk semua kalangan baik anak-anak, remaja hingga dewasa. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai macam materi serta evaluasi-evaluasi yang terjamin lengkap.

Platform : Android
Format : Tutorial
Ukuran : 16,882 KB

Download

 

#3. HANAME BELAJAR AKSARA JAWA

Belajar aksara jawa akan lebih menyenangkan saat ditemani oleh Haname!

Platform : Android
Format : Game
Ukuran : 29,880 KB

Download

 

#4. MEDIA PEMBELAJARAN BASA JAWA UNTUK SD

Media Pembelajaran Basa Jawa untuk SD adalah sebuah media pembelajaran yang dibuat guna membantu siswa sekolah dasar dalam mempelajari materi bahasa jawa. Dalam media ini terdapat 4 konten yaitu: 1. Unggah ungguh basa, yang didalamnya memuat pacelathon basa ngoko dan basa kramanya yang memudahkan siswa dalam memahami penggunaan basa krama yang benar dan dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Selain itu juga disediakan kamus unggah ungguh basa jawa. 2. Aksara Jawa, yang akan mengenalkan siswa kepada huruf aksara jawa dan cara membaca serta menulisnya. 3. Wayang, yang memuat materi wayang punokawan dan pandhawa lima disertai gambar dan penjelasannya. 4. Lagu Dolanan, konten terakhir ini merupakan sebuah hiburan, dimana siswa bisa mendengarkan beberapa lagu dolanan dari jawa tengah, yang diharapkan dapat melestarikan lagu-lagu tersebut. Selain 4 konten diatas, dalam media juga disertai evaluasi untuk menguji tingkat kepahaman siswa dalam mempelajari materi basa jawa dalam media ini.

Platform : Flash
Format : Tutorial
Ukuran : 19.466 Kb

Download

#5. Pendekar Aksara Jawa

Aplikasi yang di buat ini berbentuk game edukasi, yang berisi pembelajaran tentang aksara jawa, terdapat fitur tutorial, game dan petunjuk. – tutorial digunakan untuk mempelajari apa saja aksara jawa yang ada – game digunakan untuk hiburan sekaligus dengan tantangan harus menghafal aksara-aksara jawa yang ada. – petunjuk digunakan untuk melihat bagaimana tata cara bermain dalam fitur game.

Platform : Android
Format : Game
Ukuran : 22,692 KB

Download

#6. Game Suraja (Susun Aksara Jawa)

Game Suraja merupakan media belajar bahasa Jawa untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dengan menggunakan handphone yang mengimpelementasikan susunan aksara Jawa agar dapat dengan mudah mempelajari dan berbagi pengetahuan tentang tatacara penyusunan aksara jawa, terdapat berbagai fasilitas yang telah disediakan dalam media ini, antara lain: 1) Sesuai dengan kebutuhan belajar 2) Dapat diimplementasikan di kelas 3) Pengenalan huruf Jawa 4) Pengenalan angka Jawa 5) Pengenalan vocal Jawa 6) Cerita tetang aksara Jawa 7) Poin setiap pembelajaran 8) Berbagai Level yang tersedia sesuai dengan kemampuan pengguna.

Platform : Lainnya
Format : Game
Ukuran : 32,176 KB

Download

#7. Translator Jawa

Layanan terjemahan online Bahasa Indonesia ke Bahasa Jawa dan sebaliknya dengan Unggah-Unguh Bahasa Jawa. Bahasa yang didukung: Bahasa Indonesia, Basa Ngoko, Basa Krama, dan Basa Krama Inggil (*dll).

Fitur-fitur:
– Terjemahan dari Indonesia – Ngoko dan sebaliknya
– Terjemahan dari Indonesia – Krama dan sebaliknya
– Terjemahan dari Indonesia – Krama Inggil dan sebaliknya
– Pencarian kata (Kamus)
– Tombol salin hasil terjemahan

* Aplikasi ini membutuhkan koneksi internet.
* Hasil terjemahan kata-kata berimbuhan ada yang merupakan hasil dari terjemahan algoritma, ada kemungkinan hasilnya tidak benar sepenuhnya.
* Belum semua kata-kata masuk ke dalam database aplikasi ini.
* Untuk hasil terjemahan yang lebih lengkap silahkan kunjungi versi website (http://mongosilakan.net)
* Jika anda seorang ahli bahasa dan ingin berkontribusi, silahkan hubungi kami (soetedja@gmail.com)
* InsyaAllah akan selalu diupdate dan diperbaiki.

Download

 

#8. Belajar Bahasa Jawa

Bahasa Jawa adalah sangat unik namun kita bisa pelajari. Ada beberapa tingkatan kata yaitu :

Ngoko, bahasa jawa sehari hari untuk sesama teman yang lebih muda atau setara
Krama Madya, bahasa jawa yang dipergunakan untuk sesama atau teman yang lebih tua.
Krama Inggil, bahasa jawa dipergunakan secara khusus terhadap orang yang lebih tua atau dituakan.

Aplikasi ini dapat dipergunakan sebagai kamus sederhana sehari hari dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa.

Kami mengumpulkan informasi ini dari beberapa sumber di internet

Ayo download dan mari lestarikan budaya bersama-sama

Download

#9. Kamusku: Jawa (Indonesia)

Kamusku: Jawa adalah aplikasi kamus digital Indonesia – Jawa offline. Aplikasi ini berisi data kata-kata dalam bahasa Indonesia yang dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa dan sebaliknya. Aplikasi ini berjalan secara offline dan mengutamakan kemudahan serta kecepatan dalam mengakses dan menerjemahkan kata-kata yang dicari. Nikmati aplikasi ini untuk membantu anda mempelajari bahasa Jawa.

“Kamusku: Jawa, belajar bahasa Jawa tidak pernah semudah ini.”

Download

#10. Pepak Belajar Basa Jawa

Pepak Belajar Bahasa Jawa adalah kamus belajar bahasa jawa yang berisi konten edukatif tentang materi dalam bahasa jawa. Terdiri dari Kosakata,Aksara Jawa dan Jenisnya serta berbagai istilah dalam bahasa jawa. Pepak Basa Jawa memiliki tampilan edukatif yang menarik untuk anak anak usia dasar belajar bahasa jawa yang baik dan benar.

Download

Demikian beberapa aplikasi android untuk belajar bahasa jawa, semoga bermanfaat

Wassalam

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *