Sekolah Top 100 LTMPT dari Sumatra Tahun 2021 – (Sumut, Sumbar, Riau, Aceh)

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia, LTMPT kembali merilis 1000 sekolah terbaik di Indonesia. LTMPT sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terbaik dan terdepan di Indonesia dan memiliki tujuan khusus yaitu melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Sesuai dengan informasi dari Prof Muhammad Nasih sebagai ketua LTMPT dalam kegiatan peluncuran 1000 sekolah terbaik berdasarkan nilai UTBK tahun 2021. Nilai UTBK hanya salah satu faktor yang menentukan keberhasilan sebuah sekolah, jadi peringkat sekolah LTMPT bukanlah sebuah ukuran bahwa sekolah tersebut menjadi sekolah terbaik.

Berikut ini daftar sekolah terbaik berdasarkan peringkat LTMPT dari pulau Sumatra berdasarkan nilai UTBK tertinggi :

1. SMAS UNGGUL DEL

Pada tahun 2021 SMAS Unggul Del yang berasal dari Sumatra Utara tepatnya berada di Kabupaten Toba Samosir dengan nilai total 630177 berhasil memperoleh peringkat 4 tingkat nasional, meskipun turun satu peringkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berada pada peringkat 3 nasional.

2. SMAN 1 SUMATERA BARAT

Pada tahun 2021 SMAN 1 SUMATERA BARAT yang berasal dari Sumatra Barat tepatnya berada di Kota Padang Panjang dengan nilai total 588361 berhasil memperoleh peringkat 42 tingkat nasional, sekolah ini berhasil naik 34 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berada pada peringkat 3 nasional.

3. SMAS SUTOMO 1

Pada tahun 2021 SMAS SUTOMO 1 yang berasal dari Sumatra Utara tepatnya berada di Kota Medan dengan nilai todal 584801 berhasil memperoleh peringkat 52 tingkat nasional, sekolah ini berhasil naik 4 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berada pada peringkat 56 nasional.

4. SMAN 1 PADANG PANJANG

Pada tahun 2021 SMAN 1 PADANG PANJANG yang berasal dari Sumatra Barat tepatnya berada di Kota Padang Panjang dengan nilai todal 580136 berhasil memperoleh peringkat 64 tingkat nasional, sekolah ini berhasil naik 9 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berada pada peringkat 55 nasional.

5. MAN INSAN CENDEKIA PADANG PARIAMAN

Pada tahun 2021 MAN INSAN CENDEKIA PADANG PARIAMAN yang berasal dari Sumatra Barat tepatnya berada di Kab. Padang Pariaman dengan nilai todal 579010 berhasil memperoleh peringkat 70 tingkat nasional, sekolah ini berhasil naik 86 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berada pada peringkat 156 nasional.

6. SMAS DARMA YUDHA

Pada tahun 2021 SMAS DARMA YUDHA yang berasal dari Riau tepatnya berada di Kota Pekanbaru dengan nilai todal 578582 berhasil memperoleh peringkat 75 tingkat nasional, sekolah ini turun 1 peringkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berada pada peringkat 74 nasional.

7. SMA NEGERI MODAL BANGSA

Pada tahun 2021 SMA NEGERI MODAL BANGSA yang berasal dari Aceh tepatnya berada di Kabupaten Aceh Besar dengan nilai todal 573380 berhasil memperoleh peringkat 98 tingkat nasional, sekolah ini berhasil naik 18 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berada pada peringkat 116 nasional.

Peringkat ini bukanlah peringkat sekolah terbaik se-indonesia yang berasal dari pulau Sumatra namun peringkat tersebut hanya berdasarkan nilai UTBK saja, demikian ditegaskan kembali oleh Prof Muhammad Nasih yang saat ini menjabat sebagai ketua LTMPT.

Meskipun hanya dilihat dari nilai UTBK saja namun hal ini perlu menjadi perhatian dunia pendidikan khususnya yang berada di Pulau Sumatra, karena pada tahun 2021 hanya 7 sekolah yang berhasil masuk ke dalam Top 100 di Indonesia.

Persentase 100 Besar LTMPT 2021

Jika dilihat secara keseluruhan sekolah yang mendapatkan peringkat 100 besar berasal dari pulau Jawa mencapai 91% , pulau Sumatra 7 %, Kalimantan dan Sulawesi masing-masing 1%. Selanjutnya sekolah dari pulau Jawa jika dilihat persentase yang lebih detil berasal dari DKI Jakarta sebanyak 31%, Jawa Tengah 15%, Jawa Timur 13%, DI Yogyakarta 12%, Jawa Barat 11%, dan Banten 9%.

Data ini menunjukkan bahwa, banyak hal yang masih perlu perbaikan khususnya dalam bidang pendidikan, setiap stakeholder pendidikan di Indonesia baik yang berada di pulau Jawa maupun dari daerah lain perlu terus berusaha membangun kerjasama yang baik dan saling berkolaborasi untuk meningkat kualitas pendidikan di masa yang akan datang. Dari daerah yang belum masuk 100 besar semoga mendapat perhatian yang lebih khusus dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Sehingga terlihat persentase sekolah dari luar pulau Jawa lebih banyak lagi di masa yang akan datang.

Sumber Data: LTMPT https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id/

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *