Mengganti Readmore di WordPress

Halo, selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan berbagi tentang cara ganti readmore di wordpress. Readmore adalah fitur yang memungkinkan kita untuk menampilkan sebagian dari postingan kita di halaman depan atau arsip, dan memberikan tautan untuk membaca selengkapnya. Fitur ini berguna untuk membuat tampilan blog lebih rapi dan menarik, serta menghemat ruang dan waktu loading.

Ada beberapa cara untuk ganti readmore di wordpress, tergantung dari tema yang kita gunakan dan preferensi kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda coba:

1. Menggunakan fitur bawaan wordpress. Cara ini paling mudah dan cepat, karena kita hanya perlu memasukkan tag more di tempat yang kita inginkan di editor postingan. Tag more bisa kita masukkan dengan menekan tombol insert more tag di toolbar editor (ikon dua garis putus-putus), atau dengan mengetikkan <!–more–> di mode teks. Tag more ini akan memotong postingan kita di tempat yang kita tentukan, dan menampilkan kata read more atau kata lain yang bisa kita ubah di pengaturan bacaan.

2. Menggunakan plugin wordpress. Cara ini cocok untuk anda yang ingin lebih fleksibel dan kreatif dalam mengganti readmore di wordpress. Ada banyak plugin yang bisa anda gunakan untuk tujuan ini, misalnya Advanced Excerpt, WP Show More, Read More by Edith, dll. Dengan plugin-plugin ini, anda bisa mengatur panjang potongan postingan, gaya tampilan readmore, posisi readmore, dll.

3. Mengedit kode tema wordpress. Cara ini paling rumit dan membutuhkan pengetahuan tentang HTML, CSS, dan PHP. Anda harus mengedit file functions.php dan/atau file template lainnya di tema wordpress anda untuk mengubah fungsi dan tampilan readmore. Anda harus berhati-hati dalam melakukan ini, karena jika salah edit bisa merusak tema anda. Jika anda ingin mencoba cara ini, pastikan anda membuat backup tema anda terlebih dahulu.

 

Mengganti Tulisan Readmore ke dalam Bahasa Lain

Mungkin ada di antara kalian yang ingin membuat blog wordpress dengan bahasa selain Indonesia, misalnya Inggris, Jepang, atau Arab. Tapi bingung bagaimana cara mengubah tulisan readmore yang muncul di halaman depan blog kalian. Nah, di sini saya akan memberikan beberapa tips yang mudah dan praktis untuk melakukan hal itu.

Ada dua cara yang bisa kalian coba untuk mengganti tulisan readmore di wordpress ke dalam bahasa lain. Cara pertama adalah dengan mengedit file index.php yang ada di folder tema yang kalian gunakan. Cara kedua adalah dengan mengunduh file bahasa yang sesuai dengan wordpress kalian dan mengganti file bahasa yang ada di folder wp-content/languages.

Cara pertama: Mengedit file index.php
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Login ke cpanel atau ftp kalian dan cari file index.php yang ada di folder wp-content/themes/nama-tema-kalian.
2. Buka file index.php dengan editor teks dan cari kode yang berisi tulisan readmore. Biasanya kode tersebut terletak di bagian bawah file dan berbentuk seperti ini:

<?php the_content(‘Read more…’); ?>

3. Ganti tulisan ‘Read more…’ dengan tulisan yang kalian inginkan dalam bahasa lain. Misalnya, jika kalian ingin menggunakan bahasa Inggris, ganti dengan ‘Read more…’. Jika kalian ingin menggunakan bahasa Jepang, ganti dengan ‘続きを読む…’. Dan seterusnya.
4. Simpan file index.php dan refresh halaman depan blog kalian untuk melihat hasilnya.

Cara kedua: Mengunduh file bahasa
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi situs Polyglot Teams WordPress di https://make.wordpress.org/polyglots/teams/ dan cari bahasa yang kalian inginkan. Misalnya, jika kalian ingin menggunakan bahasa Inggris, cari English (United States) atau English (UK). Jika kalian ingin menggunakan bahasa Jepang, cari Japanese.
2. Klik angka persentase yang ada di kolom Development (trunk) untuk melihat daftar file bahasa yang tersedia. Pilih format .mo dan klik Export untuk mengunduh file tersebut ke komputer kalian.
3. Login ke cpanel atau ftp kalian dan cari folder wp-content/languages. Hapus atau backup file bahasa yang ada di folder tersebut (biasanya bernama id_ID.mo untuk bahasa Indonesia).
4. Upload file bahasa yang baru saja kalian unduh ke folder wp-content/languages. Pastikan nama file sesuai dengan kode bahasa yang kalian pilih. Misalnya, jika kalian menggunakan bahasa Inggris (Amerika), nama file harus en_US.mo. Jika kalian menggunakan bahasa Jepang, nama file harus ja.mo.
5. Refresh halaman depan blog kalian untuk melihat hasilnya.

Berikut ini salah satu video contoh cara mengganti tulisan readmore ke dalam Bahasa Aceh menggunakan tema VorfolioVersion: 1.0.1 By Jegstudio

Demikianlah cara mengganti tulisan readmore di wordpress ke dalam bahasa lain.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments