G Suite for Education – Fitur Drive Bersama (Shared Drives)

Seperti tombol lampu yang tidak diketahui dimana posisinya, namun tau bahwa hal ini bisa dihidupkan begitulah fitur ini.

Hal ini terlihat cukup menarik bagi pengguna G Suite yang baru menggunakannya dan hal ini sangat memudahkan sebuah institusi pendidikan yang sudah bekerjasama dengan Google for Education.

Terlihat sederhana namun terkadang sulit untuk ditemukan, seperti yang pernah saya alami. Saya beranggapan bahwa mungkin saja fitur tersebut hanya diperuntukkan untuk G Suite For Education yang Profesional saja.

Namun ternyata setelah sekian lama mencari tahu dan sempat tidak ketemu selama hampir 3 bulan, alhamdulillah akhirnya diberikan juga kemampuan Drive Bersama tersebut 🙂

Sangat menggiurkan karena banyak hal yang dapat dilakukan setelah mengaktifkan fitur ini. Salah satunya adalah seperti memiliki flashdisk bersama yang dapat diatur penggunaannya secara formal dan sangat apik.
Mirip seperti pengaturan pada sebuah dokumen docs ataupun sheets. Drive bersama dapat ditentukan untuk digunakan bersama dalam suatu sekolah.

Selanjutnya kita hanya perlu mengaktifkan dengan merubah pengaturannya disini.

Selamat mencoba

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *