Masalah Camera di Windows 10 pada Browser Chrome untuk Kelas Virtual maupun Rapat Virtual [SOLVED]

Kamera di laptop merupakan salah satu perangkat yang tidak boleh lagi dianggap biasa saja, dengan menggunakan kamera sederhana tersebut pengguna Windows 10 dapat melakukan panggilan video dengan mudah menggunakan aplikasi web apa saja. Panggilan video tersebut sering dikenal dengan istilah Rapat Virtual untuk pertemuan guru-guru dan kepala sekolah, atau juga disebut Kelas Virtual jika digunakan antara guru dan siswa.

Mulai dari Webex, Google Meet, Zoom sampai aplikasi live seperti Facebook dan Youtube. Semua itu tidak bisa digunakan jika pada browser tidak diatur dengan baik. Berdasarkan pengalaman penulis yang menggunakan Windows 10 terbaru ternyata hal itu bisa menjadi sangat sulit, bahkan hampir tidak bisa dilakukan lagi.


Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan browser lain seperti browser Edge versi lama. Dan hal itu cukup berhasil sehingga akhirnya saya memutuskan untuk mengupgrade browser Microsoft Edge ke versi terbaru.

Yang ternyata menggunakan browser terbaru Microsoft Edge juga sudah mengadopsi Chromium. Dengan browser Microsoft Edge yang baru tersebut masalah yang baru 2 hari selesai akhirnya muncul lagi. Camera tidak bisa digunakan dengan baik.

Tanpa kehabisan akal saya mencoba mencari di beberapa forum pengguna Chrome, dan lagi lagi tidak ada yang tahu dan hampir sebagian besar pengguna di beberapa forum tersebut juga kehabisan cara untuk menggunakan kamera Chrome di Windows 10.

Setelah hampir menyerah, akhirnya saya coba ulang lagi semua pengaturannya saya sesuaikan seperti pada gambar di bawah ini.
Kebetulan saya sedang mencoba menggunakan Google Meet untuk mengaktifkan pertemuan dengan siswa.

Semua terlihat sudah berfungsi dengan baik dan tidak ada yang belum diatur. Dan pesan yang muncul masih seperti ini.
Kamera gagal

Namun tiba-tiba itu saya teringat saran seorang pengguna dari sebuah forum chrome untuk melihat pengaturan mic nya lagi.

Dan ternyata..

Setelah membuka microphone privacy setting akan muncul seperti di bawah ini

Ternyata inilah penyebabnya? itu saja? Setelah berbulan-bulan ternyata hanya ini masalahnya?

Akhirnya saya langsung saya aktifkan tombol tersebut dan berubah ke posisi ON, lalu saya coba lagi dan… alhamdulillah
Alhamdulillah berhasil dengan baik.

Cuman itu saja? Ya, itu saja masalahnya.

Semoga dapat diambil hikmahnya, bahwa terkadang yang kecil itu tidak terlihat, dan yang kecil bisa berakibat besar jika kita tidak peduli.
Semoga bermanfaat.

Alhamdulillah berhasil juga
😎

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *