Membuat absensi siswa online dengan google form menggunakan smartphone

Menurut kamus besar bahasa indonesia mengabsen berarti memanggil (menyebutkan, membacakan) nama-nama orang pada daftar nama untuk memeriksa hadir tidaknya orang.

Dengan penggunaan aplikasi tertentu dapat dilakukan lebih mudah, sehingga guru tidak perlu memanggil satu persatu siswa yang hadir, apalagi dengan penggunaan kelas virtual selama masa krisis berlangsung. Kegiatan mengabsen biasanya di kelas melihat siswa secara langsung pindah ke aplikasi grup WhatsApp dengar interaksi tulisan.

Siswa membalas dengan mengetik “hadir pak” dalam kelas virtual WhatsApp

Hal ini memang terlihat biasa saja, dan kejadian terlihat seperti kelas konvensional, hanya menggunakan cara yang berbeda menggunakan bentuk tulisan memanfaatkan aplikasi chatting.

Apakah ada cara lain yang lebih mudah?

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengumpulkan absen dalam bentuk formulir adalah Google Forms, aplikasi tersebut juga dapat digunakan secara langsung dalam kelas virtual Google Classroom. Kelebihannya adalah kita dapat meminta siswa untuk mengumpulkan foto maupun tugas dalam bentuk file sekaligus menunjukkan kehadirannya di dalam kelas. Jadi kita bisa berikan batas waktu mengabsen dengan cara mengisi formulir tersebut.
Sebenarnya caranya sangat mudah sekali, dan kita bisa langsung buat formulir tersebut menggunakan smartphone.
Untuk lebih jelasnya silahkan buka tayang video berikut ini untuk melihat caranya menggunakan smartphone.

Bagian 1 – Membuka google forms

Bagian 2 – Memasukkan nama peserta

Bagian 3 – Menambah file foto dari live camera

Bagian 4 – Mengirim Link (part1)

Bagian 5 – Mengirim Link (part 2)

Selanjutnya form sudah siap untuk menerima absen siswa secara online.

Absen sekalian dengan tugas siswa

Salah satu kelebihan lain dalam membuat formulir absensi dengan menggunakan google forms adalah dapat meminta siswa untuk sekaligus mengirimkan tugasnya melalui form tersebut. Hasilnya juga akan tergabung ke dalam satu folder khusus untuk tiap formulir, sehingga akan sangat memudahkan guru pada saat meminta siswa mengirimkan tugas dalam bentuk dokumen.


Cara mendapatkan hasil absensi maupun tugas dalam bentuk excel yang dapat di download

Setelah siswa mengisi absen tersebut selanjutnya kita tinggal membuka hasilnya dalam bentuk excel. File tersebut dapat langsung dibuka di perangkat smartphone dengan menggunakan aplikasi Google Sheet atau langsung dengan menggunakan browser chrome.
Jika kita ingin menyimpannya ke memori smartphone atau kita download ke PC pun bisa juga. Asalkan kita menggunakan email yang sama pada saat membuka formulir online tersebut.

Bagian 6 – Pengaturan Umum Formulir dan download hasil

Selanjutnya setelah formulir mulai diisi akan terlihat seperti dibawah ini pada bagian respon.

Membuat salinan formulir

Absen yang sudah kita buat tersebut selanjutnya dapat kita gunakan setiap hari dan hasilnya langsung akan bertambah dengan sendirinya. Namun jika kita hanya mengizinkan 1 kali pengisian absen dan harus login dengan email terlebih dahulu maka tentulah pada pertemuan yang lain kita harus buat absensi yang lain. Namun untuk membuat formulir yang sama maka kita tidak perlu membuat lagi dari awal, kita cukup membuat salinan nya saja.

Bagian 7 – Membuat salinan absensi tanpa harus membuat ulang dari awal

Mengisi form dan melihat hasil

Selanjutnya silahkan mencoba form yang sudah kita buat sebelumnya pada tautan di bawah ini.

https://forms.gle/M3RnR34RjNv9K1yC8

Lihat hasilnya disini

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1X2opgRVuIrO_wMLk16Y_hAoYZBAAaCcsz1xVaZWXqgc/edit?usp=sharing

Selamat mencoba

5 Comments
    • Iqbal Hafidh
    • Iqbal Hafidh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *