Lebih dari satu dekade sejak semakin diminati, gerakan STEM terus mendominasi dunia pendidikan. Selain itu, hal ini terus berkembang dengan penggabungan STEAM dan STREAM. Tapi apa maksudnya?bagaimana istilah-istilah tersebut meningkatkan pembelajaran di kelas?

STEM

STEM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering and Mathematics. Gerakan STEM menyerukan untuk mengintegrasikan mata pelajaran ini ke dalam kurikulum untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi era teknologi. Pekerjaan di abad ke-21 membutuhkan seperangkat keterampilan hidup yang unik. Lebih lanjut, tantangan kompleks yang dihadirkan membutuhkan solusi yang canggih. Dengan demikian, pendidikan STEM membantu peserta didik untuk mengakses pengetahuan dan pelatihan paling mutakhir supaya mampu mengatasi berbagai permasalahan di masa yang akan datang. Selain itu, dalam masyarakat kita terdapat kelompok yang menghadapi kesenjangan pengetahuan dan keterampilan yang parah, seperti kelompok anak perempuan. Pendidikan STEM meningkatkan aksesibilitas dan partisipasi untuk kelompok-kelompok ini. Secara keseluruhan, hal ini memungkinkan individu dari semua lapisan masyarakat untuk menjadi kontributor yang berdampak bagi tenaga kerja abad ke-21.

STEAM

STEAM menambahkan ‘Seni’ (Art) ke elemen STEM, yang diuntungkan dari pemikiran kreatif dan inovatif yang diinduksi oleh seni. Selain itu, seni dan humaniora membantu mengajarkan moral, nilai, etika, dan tanggung jawab . Sejarah menunjukkan kepada kita berulang kali bagaimana pengetahuan dan keterampilan tanpa adanya empati dapat benar-benar menjadi bencana. Dengan demikian, seni membuat pertumbuhan dan perkembangan yang dibawa oleh STEM menjasi inklusif dan berkelanjutan.

 

STREAM

STREAM menggabungkan lapisan lain ke STEM dan STEAM dengan menambahkan ‘Membaca’ (Reading) ke dalam persamaan. Membaca atau melek huruf mendorong pemikiran kritis dan kreativitas. Dengan memperkenalkan membaca sebagai elemen inti untuk menemukan pengetahuan baru, STREAM memberikan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh.

 

Mengapa ruang lingkup STEM menjadi lebih luas?

Seperti yang telah dibahas sebelum mendiversifikasi STEM, khususnya ke STREAM, menjadikan pendidikan lebih mudah diakses dan inklusif. Audiens yang lebih luas terlepas dari keterbatasan fisik dan/atau batasan sosial mereka dapat menjangkau pengetahuan.
STEAM dan STREAM mengembangkan empati pada peserta didik, mendorong mereka untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk kebaikan yang lebih baik. Lapisan tambahan ini bertindak sebagai kompas moral gerakan STEM, terus-menerus mempertanyakan tujuan dan tujuan akhirnya. Seni dan membaca mendorong mereka yang memiliki pikiran analitis untuk menjadi lebih kreatif dan mampu berpikir lebih luas. Mereka mendorong bidang inovasi yang sangat penting untuk menjadi navigasi melalui dunia yang berubah dengan cepat saat ini.

STEM memiliki reputasi buruk di kalangan pelajar. Banyak siswa lebih suka melakukan apa saja daripada mempelajari mata pelajaran STEM. Menggabungkan seni dan membaca dengan STEM membuat pembelajaran sehari-hari lebih menarik dan mengasyikkan. Ini meningkatkan motivasi intrinsik pada peserta didik, serta menghubungkan mereka satu sama lain melalui pengalaman bersama. STEAM dan STREAM membantu mendefinisikan aplikasi STEM di kehidupan nyata dengan lebih baik.

Bermain untuk kekuatan seseorang adalah penting untuk sukses. Namun, bahkan lebih penting untuk menumbuhkan manusia yang berpengetahuan luas. Khususnya untuk anak-anak kecil, pendidikan holistik sangat penting untuk pengembangan kesejahteraan mereka secara keseluruhan. Terlebih lagi, tantangan masa depan sangat kompleks dan tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, anak-anak zaman sekarang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan interdisipliner yang luas, serta kemampuan untuk bekerja sama agar berhasil di masa depan. Humaniora dan literasi dikombinasikan dengan studi STEM memberikan dasar yang diperlukan bagi peserta didik untuk berkembang dalam kehidupan.

Sumber : https://funacademy.fi/stem-steam-and-stream/

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments