4 Aplikasi Pendidikan “Text to Voice” Terbaik di Android

Membaca sebuah buku elektronik terkadang membutuhkan waktu dan situasi yang khusus, demikian juga mendengarkan bacaan sebuah buku dalam waktu dan situasi yang berbeda. Pada saat kamu berada dalam keadaan dapat membaca dengan baik, maka membaca akan lebih menyenangkan dibandingkan mendengar orang lain yang membacakan buku untuk kita. Namun dalam kondisi yang lain, misalnya sedang berada dalam kondisi sedang mengerjakan sesuatu, namun tidak terlalu fokus dan masih dapat serius mendengar siaran radio atau tayangan video yang lebih fokus terhadap suaranya saja. Dalam kondisi seperti inilah aplikasi ini akan sangat bermanfaat, cukup aktifkan buku tersebut untuk dibacakan oleh aplikasi Text to Voice (Tulisan yang membaca dengan sendirinya).

Demikian juga untuk sumber -sumber bacaan lainnya misalnya halaman sebuah website informasi pendidikan, berita dan informasi lainnya.

Sebelum menggunakan aplikasi text to voice pastikan kamu sudah mengatur bahasa yang digunakan sesuai dengan yang di inginkan, misalnya dokumen yang berbahasa Indonesia harus menggunakan pengaturan dalam bahasa Indonesia. Jika tidak maka proses membaca dokumen tidak seperti yang dibayangkan, dan sangat tidak menggembirakan. Misalnya dokumen bahasa indonesia dibaca menggunakan bahasa Inggris, sehingga akan terdengar lucu. Oleh karena itu silahkan atur bahasa yang digunakan terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi tersebut. Pengaturan tersebut tersedia langsung dalam aplikasi text to voice, dan sangat mudah. Jika dokumen dalam bahasa asing, misalnya bahasa Inggris maka kamu harus mengatur ulang bahasa dalam pembacaan tersebut.

Berikut ini 5 aplikasi Text to Voice terbaik di tahun 2020 versi Gurubaru. Jika menurut kamu aplikasi ini kurang ” hebat” silahkan tulis di kolom komentar.

#4 Narrator’s Voice

Aplikasi Narrator’s Voice telah di download lebih dari 10 juta pengguna sehingga menempatkan aplikasi ini sebagai urutan pertama dalam perolehan download terbanyak dalam kategori aplikasi pendidikan Text to Voice. Demikian juga dalam hal pemberian rating, lebih dari 700.000 pengguna telah memberikan penilaian dengan rata-rata mencapai 4,4 sejak dirilis tahun 2015.

Aplikasi tersebut memiliki berbagai pilihan bahasa dan suara yang meyakinkan dan enak didengar. Untuk menggunakannya, cukup ucapkan atau ketik sebuah pesan, lalu pilih bahasa, suara, dan efek spesial untuk aplikasi ini. Hasil akhirnya adalah sebuah narasi yang disesuaikan dari pesan asli Anda yang kemudian bisa Anda bagikan sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini juga baik digunakan dengan tayangan foto, slide, proyek pembelajaran elektronik (e-learning), atau proyek lain yang memerlukan komentar atau penjelasan.

Narrator’s Voice memiliki beberapa fitur berikut

  • Mengubah teks ke file audio MP3 atau video MP4 dan membagikannya di jejaring sosial
  • Membuat atau membuka file teks, membacakannya, atau mengekspor/membagikan teks sebagai file audio/video.
  • Ponsel Anda akan mengucapkan teks yang Anda ketikkan.
  • Dengan beragam efek suara dalam banyak bahasa.
  • Memberikan suara yang terdengar ekspresif dan alami.
  • Membuat pesan lucu dengan teman Anda.
  • Aplikasi teks ke suara dan teks ke ucapan (text to speech/TTS)
  • Termasuk suara “pinksheep” (pink sheep), suara MLG – Daniel UK, suara CORTANA, dan lain-lain…
  • Direkomendasikan oleh para YouTuber
  • Bekerja secara offline setelah menyimpan audio
  • Sangat cocok untuk saluran YouTube

Namun beberapa parameter tersebut tidak langsung menempatkan Narrator Voice dalam urutan pertama, karena setelah tim Gurubaru mencoba menggunakan aplikasi tersebut ternyata begitu banyak iklan yang sangat mengganggu pada saat pengguna membukanya. Perolehan rating yang banyak itu juga sepertinya berhubungan dengan adanya hadiah coin untuk digunakan dalam beberapa kriteria tertentu, salah satunya untuk menghilangkan iklan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *